Latest News

MENGILMIAHKAN TUHAN ?

pertama dan yang terpenting adalah apa yang akan saya bicarakan disini adalah mengenai filsafat agama dan bukan tentang agama itu sendiri.

apa itu tuhan ?
apakah dia benar-benar ada?
dan dimanakan dia ?

agama saya islam tapi saya tidak akan menanyakan pertanyaan diatas kepada seorang ustadz karena saya sudah tahu jawaban yang akan diberikan olehnya.

saya ingin sebuah jawaban yang dapat diterima oleh nalar dan memiliki bukti yang nyata.bukan cuma saya yang penasaran tapi telah banyak para filsuf yang merenungkan hal-hal tadi, apakah kamu juga penasaran ?

masih ingat postingan saya sebelumnya mengenai relatifitas dalam gerak ?
bergerak atau tidaknya sesuatu itu tergantung dari si pengamat atau dengan kata lain perbedaan sudut pandang akan membuat perbedaan kesimpulan.

menurut seseorang dalam bis yang sedang melaju pohon dipinggir jalan itulah yang sedang bergerak tetapi menurut orang lain yang berada di luar bis itu pohon di pinggir jalan tidak bergerak, bis itulah yang begerak.
perbedaan pendapat itu disebabkan karena keterbatasan sudut pandang kita. keduanya bisa jadi benar, bisa jadi salah...
Faktanya semua yang ada dialam semesta ini terus bergerak.

kenapa saya menjelaskan hal ini?
karena setelah selesai membaca buku filsafat agama saya tetap tidak mendapatkan jawaban mutlak dari pertanyaan di awal tadi.

para filsuf berbeda pendapat dan terbagi menjadi golongan-golongan dengan penjelasan yang berbeda.

rasanya jadi frustasi....

tapi saya tetap yakin pada teori diatas tadi bahwa perbedaan pendapat itu muncul karena perbedaan sudut pandang karena adanya keterbatasan pada kita.
bagaimanapun Tuhan adalah suatu kekuatan yang melebihi pemahaman kita sehingga kita mengalami kesulitan untuk melihat keberadaannya dengan jelas.

pernahkah kalian melihat jentik-jentik nyamuk dalam kolam ?
rasanya saya seperti jentik itu, bergerak tak karuan tanpa sadar ada seseorang yang sedang memperhatikan.
begitulah manusia...
bergerak kesana kemari mencari tujuan hidupnya.

saya sendiripun masih berusaha mencari tahu, agar semakin banyak tahu maka semakin dekat dengan jawaban yang benar.
biarlah... mungkin saat ini kita hanyalah jentik tapi suatu saat kita akan bermetamorfosis menjadi nyamuk. seekor nyamuk setidaknya bisa terbang dan sudut pandangpun akan lebih luas..
Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Its Okay To Be Smart Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.