Latest News

MISTERI OF DREAM



saya lagi gak enak badan nih guys... pengennya tiduran terus sambil mimpi indah,, hehehe
tapi kok mimpinya malah aneh-aneh ya ? kadang mimpi nya bosenin dan gak penting, kadang malah masalah kebawa mimpi, tapi yang lebih aneh lagi waktu mimpi tapi saya sadar kalo saya sedang bermimpi... hmmm WONDER WHY ? WONDER HOW ?... THE MISTERY OF DREAM NOW UNFOLD !!!

Ready ??
ketika tidur kita bisa bermimpi segila-gilanya, seaneh-anehnya yang tidak kita ketahui mengapa?. kita mungkin berfikir bahwa ketika tidur maka seluruh tubuh kita beristirahat... well tidak seluruhnya,, otak tetap bekerja ketika kita tertidur, memberikan perintah kepada jantung untuk tetap berdetak misalnya.. tongue emoticon

saat tidur hanya indra kita lah yang tidak berfungsi/beristirahat sehingga kita terputus dengan dunia luar dan pada saat itu adalah waktunya bagi otak untuk beres-beres.. merapikan semua memori yang kita dapat ketika terbangun, memindahkan memori jangka pendek ke jangka panjang dan sebagainya, yang jelas beres-beres.. dan hal itu bagus untuk meningkatkan kualitas daya ingat kita.

tapi bagaimanakah cara otak menyusun sebuah cerita untuk mimpi kita ?
sebuah naratif mimpi merupakan cara otak untuk membuat koneksi atau hubungan antar informasi atau kejadian yang kita alami saat kita terjaga karena itu sering kali mimpi yang kita alami tidak jelas alurnya atau hanya potongan dari satu kejadian ke kejadian yang lain.

selain itu saat mimpi otak juga memilih antara hal yang penting/ harus disimpan dan hal yang harus dibuang.sehingga ketika kita terbangun nanti otak bisa berfikir lebih baik.

ada 3 jenis mimpi yang saya ketahui diantaranya yaitu :

1. Non-REM Dream

Non-REM Dream biasanya adalah mimpi yang membosankan, berupa mimpi melakukan kegiatan yang kita lakukan berulang-ulang ketika kita terjaga misalnya sehabis nyetir seharian lalu mimpi menyetir juga. saat bermimpi jenis ini bagian otak yang aktif hanya bagian sel abu-abu (grey matter).

2. REM Dream

REM Dream adalah mimpi yang terasa sangat realistis dan biasanya alur mimpinya benar-benar diluar dugaan, ketika mengalami mimpi jenis ini biasanya kedua bola mata kita akan ikut bergerak-gerak. bagian otak Grey Matter membuat koneksi dengan White Matter sehingga menciptakan mimpi yang seru !!!

3. Lucid Dream

Lucid Dream adalah saat kita bermimpi tapi kita menyadari bahwa kita sedang bermimpi bahkan kita bisa ikut mengatur alur dari mimpi itu, saat mengalami mimpi ini hampir semua bagian otak kita ikut terlibat, Grey Matter, White Matter dan termasuk bagian Dorsilateral Prefontal Cortex (otak depan) yang memungkinkan kita bisa mengatur jalannya alur mimpi.

huuff... lumayan panjang juga ternyata...
ok guys.. sudah saya jelaskan semua, kalo ada yang masih penasaran silahkan bertanya di comment..., sekarang saya mau bermimpi dulu wink emoticon

STAY CURIOUS....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Its Okay To Be Smart Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.