Latest News

Bumi Baru


Menemukan Planet Baru pengganti Bumi bukanlah wacana baru bagi kita, penyebabnya tentu karena perubahan iklim di bumi yang kian tajam, Global Warming serta masalah lainnya yang menyebabkan para ilmuan NASA mulai mencari Planet lain untuk tempat tinggal.

Tetapi mencari planet yang sesuai untuk dihuni manusia bukanlah perkara yang mudah. Ada syarat-syarat utama yang harus dimiliki oleh planet itu. Syarat yang pertama, planet tersebut harus memiliki air untuk menunjang kehidupan. Air hanya akan mungkin ada bila planet tersebut letaknya dari bintang yang dikelilinginya ( seperti matahari kita ) sangat tepat, karena bila terlalu jauh maka air tersebut akan menguap, sebaliknya bila terlalu jauh air akan membeku.untuk mendapatnya air dalam bentuk cair maka letak planet tersebut haruslah pas paa ilmuan menyebutnya dengan sebutan “Goldilocks zone.”

Sejauh ini sudah ada sekitar selusin planet yang ditemukan dengan kriteria seperti itu, ada 10 sampai 15 planet yang memiliki luas setengah dari bumi atau dua kali lipatnya. Penemuan yang terbaru adalah planet yang dinamakan Kepler-452b ( dinamakan kepler karena planet terseut ditemukan dengan menggunakan teleskop luar angkasa bernama kepler). Planet ini benar-benar membuat para astronot bersemangat kerena kemiripannya yang sangat besar dengan planet Bumi, selain ukurannnya yang satu setengah kali Bumi, planet ini juga memiliki Matahari yang sangat mirip dengan Matahari kita yang sekarang ini.

Sebelumnya telah ditemukan pula Planet Kepler-186f  yang mirip Bumi akan tetapi Planet ini mengitari bintang yang lebih kecil dari Matahari kita (red dwarf) yang panasnya pun lebih rendah dari matahari kita sekarang ini, Planet ini ditemukan pada April 2014 para ilmuan menyebutnya sebagai "Earth Cousin" (Read: sepupunya Bumi).

Seperti yang telah Kita ketahui bahwa NASA memang memiliki tugas untuk mengexplorasi luar angkasa dan dalam upayanya untuk menemukan Bumi yang baru haruslah kita dukung dan hargai, sementara kita tetap terus berusaha untuk memelihara Bumi ini, karena jika memang Bumi ini sudah terlanjur rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi maka dengan merawatnya setidaknya kita bisa memperpanjang umur bumi untuk anak cucu kita nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Its Okay To Be Smart Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.