Latest News

NO PAIN NO GAIN


sensitifitas sistem sensorik pada manusia terhadap rasa sakit ternyata sama besar dengan rasa takut bahkan akan lebih besar lagi kalau berdampingan misalnya " takut sakit !! "

tapi apa sebenarnya rasa sakit itu ?

sakit adalah sesuatu yang tidak menyenangkan diterima oleh indra (sensory) dan juga merupakan perasaan (emotional experience) yang menidentifikasikan bahwa telah terjadi suatu kerusakan/gangguan dalam tubuh.

rasa sakit ada untuk memberitahukan kepada kita untuk segera melindungi bagian tubuh yang terasa sakit sementara tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

selain itu rasa sakit juga relatif bagi setiap orang. misalnya dua orang yang sama-sama terluka di tempat yang sama dengan tingkat kerusakan sel yang sama akan merasakan intensitas sakit yang berbeda. kenapa ?

karena sakit merupakan perasaan(emosi) maka hal itu berkaitan juga dengan kondisi mental dari seseorang. seperi pasien kangker merasakan berkurang rasa sakitnya dengan adanya dukungan sosial yang kuat.

di medan peperangan dimana banyak sekali prajurit yang terluka dan membutuhkan morphine sementara persediaan morphine yang terbatas banyak diantara mereka yang hanya disuntik air biasa tapi berkat efek placebo mereka bisa bertahan dari rasa sakit itu.

ok.. kembali ke kalimat judul diatas yaitu No pain No Gain berari tanpa rasa sakit tidak ada yang akan didapat. kita semua harus berusaha atau berkorban dalam bentuk apapun untuk bisa mendapatkan sesuatu yang belum kita miliki. dan dalam proses itu kita harus merubah kebiasaan kita yang bisa menghasilkan rasa sakit akibat kebiasaan yang terganggu itu.

tapi tidak semua rasa sakit itu buruk

pertumbuhan itu sakit. baik tumbuh secara fisik atau tumbuh secara keahlian.
kita pasti sudah lupa rasanya namun ketika kita masih didalam kandungan dan masih segumpal daging lalu dengan perlahan tulang pertama kita tumbuh bergesekan diantara daging rasa sakitnya pasti tiada tara. namun kita memerlukan tulang itu untuk tetap tumbuh agar kita bisa bergerak. proses yang sangat menyakitkan itu mungkin terjadi sampai berbulan-bulan tapi manfaatnya bisa kita rasakan seumur hidup .

bayangkan jika pada waktu itu kita (seandainya punya kendali) menolak untuk menumbuhkan tulang karena rasa sakitnya, maka seumur hidup tanpa tulang berarti tidak bisa bergerak dan tidak berdaya.
apa yang saya ingin saya sampaikan adalah bahwa semua proses dan bentuk usaha itu tidak ada yang mudah atau menyenangkan, malah sebaliknya, akan sakit.

tapi sakit itu baik untuk kita, menunjukkan bahwa ada sesuatu yang sedang berubah dan berusaha membiasakan diri. untuk itu lakukanlah sesuatu sampai batas kemampuan kamu hari ini karena besok batas kemampuanmu akan bertambah. begitu seterusnya hingga setiap hari kamu tumbuh dan meningkatkan kemampuanmu...

Life is about meeting your edge, again and again...
hidup adalah tentang menemukan batas kemampuanmu, lagi dan lagi...


STAY CURIOUS...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Its Okay To Be Smart Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.