Latest News

"Masuk Angin " atau "angin mau keluar" ???


gara-gara sering kehujanan biasanya kondisi tubuh jadi menurun dan mudah terserang penyakit seperti flu dan masuk angin. kalian penasaran gak sih apa sebenarnya masuk angin itu ? apa maksudnya benar-benar angin masuk kedalam tubuh kita atau ????
karena dalam ilmu kedokteran tidak ada istilah "masuk angin" adakah penjelasan ilmiah lain dari "masuk angin" ? yuk cari tahu...


ANGIN adalah udara yang bergerak. Angin bisa keluar masuk lewat mulut atau hanya keluar lewat bawah dalam proses Flatulensi (kentut). Penyebab "masuk angin" biasanya adalah karena udara dingin, telat makan,stess, kelelahan atau gabungan dari semuanya.
masalahnya yang sering disalahkan ketika kita "masuk angin" adalah angin, padahal angin sama sekali tidak berdosa dalam hal ini.

penyebabnya adalah suhu dingin. ketika suhu di luar tubuh menurun akan menyebabkan 2 hal yang terjadi dalam tubuh kita.

1. penyempitan pembuluh darah (vasoconstrict)

ini adalah tindakan normal tubuh untuk mencegah penurunan suhu tubuh secara drastis (hipotermia). akibat penyempitan pembuluh darah ini banyak asam laktat (hasil metabolisme) yang tersangkut didalam otot yang membuat kita merasa pegal-pegal.


2. perlambatan gerak peristaltik usus. 

Perlambatan inilah yang menyebabkan gas tertampung di dalam usus. gas ini berasal dari hasil metabolisme tubuh yang dalam kondisi normal bisa keluar sendiri dengan cara Flatulensi.gas yang tertampung ini menekan usus dan menyebabkan perasaan begah.

jadi kesimpulannya "masuk angin" itu bukan angin masuk ke dalam tubuh kita tapi angin yang didalam tubuh kita yang sedang berusaha mencari jalan keluarnya...
kalo ada yang kurang dimengerti tanyakan saja...  



stay curious... bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Its Okay To Be Smart Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.